Selasa, 10 April 2012

Penerapan Konsep Redoks-2

Reaksi redoks berkembang mulai dari konsep penggabungan dan pelepasan oksigen, pengikatan dan pelepasan elektron, serta kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi....


Pada konsep penggabungan dan pelepasan oksigen, oksidasi adalah peristiwa pengikatan oksigen sedangkan reduksi adalah peristiwa pelepasan oksigen.

Pada konsep pengikatan dan pelepasan elektron, oksidasi adalah peristiwa pelepasan elektron sedangkan reduksi adalah peristiwa pengikatan elektron.

Pada konsep kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi, oksidasi  adalah peristiwa kenaikan bilangan oksidasi sedangkan reduksi adalah peristiwa penurunan bilangan oksidasi.

MANFAAT REAKSI REDOKS

Konsep reaksi oksidasi-reduksi banyak kita manfaatkan,
contohnya pada penyepuhan emas. Emas termasuk logam yang harganya mahal, sehingga saat ini banyak perhiasan yang terbuat dari tembaga yang dilapisi emas melalui penyepuhan. Pada penyepuhan logam terjadi reaksi oksidasi-reduksi.

Penyepuhan merupakan contoh dari proses elektrolisis, reaksi akan terjadi karena adanya aliran listrik. Pada penyepuhan tembaga oleh emas, logam emas dihubungkan dengan kutub positip, tembaga pada kutub negatif. Kedua logam tersebut dicelupkan pada larutan AuCl3. Setelah beberapa saat logam emas akan larut membentuk ion Au3+. Ion ini akan tereduksi menjadi Au pada kutub negatif yaitu tembaga. Lama-lama tembaga akan terlapisi emas. Reaksi yang terjadi:
Di kutub + : Au -- >Au3+ + 3 e–
Di kutub – : Au3+ + 3 e– -- > Au
Selain penyepuhan logam untuk perhiasan, penyepuhan ini banyak dilakukan pada benda-benda kerajinan untuk suvenir dari logam, misalnya sendok-sendok kecil dilapisi perak atau patung besi dilapisi emas. Benda-benda lain yang penggunaannya berdasarkan reaksi redoks antara lain aki dan batu baterai.

Penerapan reaksi reduksi oksidasi juga diterapkan pada peluncuran roket . Untuk meluncurkan roket tersebut digunakan kerosin. Kerosin terbakar oleh oksigen memberikan energi untuk naik ke atas. Di angkasa roket menggunakan hidrogen yang dibakar dengan oksigen.Semua ini adalah reaksi redoks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar